Selasa, 24 Januari 2023

PENTINGNYA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN K3 (SMK3)



Tingginya pembangunan di Indonesia membuat K3 di Indonesia mulai menjadi perhatian. Kesadaran masyarakat maupun perusahaan akan pentingnya Sistem Manajemen K3 sudah menunjukkan tren yang positif. Sistem Manajemen K3 tercantum pada Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012. Dalam peraturan ini SMK3 wajib untuk diterapan dengan ketentuan baagi perusahaan yang mempekerjakan pekerja/buruh paling sedikit 100 orang atau mempunyai tingkat potensi bahaya tinggi (sumber)

Tujuan dari penerapan SMK3 diantaranya adalah:

  1. Mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh/serikat pekerja/serikat buruh
  2. Meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi
  3. Menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas

Berdasarkan tujuan tersebut, perusahaan yang mampu menerapkan SMK3 akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya:

  • Melindungi pekerja dengan menghindari adanya kerugian material dan jiwa akibat kecelakaan kerja
  • Mematuhi peraturan pemerintah sehingga membuat perusahaan terhindar dari sanksi
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen dan membangun image market terhadap perusahaan.
  • Membuat sistem manajemen menjadi lebih efektif sehingga dapat menciptakan hubungan yang harmonis bagi karyawan dan perusahaan.

Bagi perusahaan yang akan menerapkan SMK3, terdapat beberapa tahapan implementasi yang dijelaskan di dalam PP 50/2012, yaitu:

  • Penetapan Kebijakan K3, pada tahap ini pengusaha paling sedikit harus: melakukan tinjauan awal kondisi K3, memperhatikan peningkatan kinerja manajemen K3 secara terus-menerus, serta memperhatikan masukan dari pekerja dan/atau serikat pekerja.
  • Perencanaan K3, dalam menyusun rencana K3, pengusaha harus mempertimbangkan : hasil penelaahan awal, identifikasi potensi bahaya, penilaian, dan pengendalian risiko, peraturan perundang-undangan dan persyaratan lainnya, sumber daya yang dimiliki
  • Pelaksanaan Rencana K3, dalam melaksanakan rencana K3 pengusaha harus didukung oleh sumber daya manusia di bidang K3, prasarana, dan sarana.
  • Pemantauan dan Evaluasi Kinerja K3, pemantauan dan evaluasi kinerja K3 dilakukan melalui pemeriksaan, pengujian, pengukuran, dan audit internal SMK3 oleh sumber daya manusia yang kompeten.

Peninjauan dan Peningkatan Kinerja SMK3, pengusaha wajib melakukan peninjauan ulang terhadap penerapan SMK3 secara berkala meliputi: evaluasi terhadap kebijakan K3, tujuan, sasaran, dan kinerja K3, hasil temuan audit SMK3 dan evaluasi efektivitas penerapan SMK3 dan kebutuhan untuk pengembangan SMK3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar