Kamis, 13 Oktober 2022

Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015



Tahukah Anda, sertifikasi ISO merupakan sebuah sistem sertifikasi yang dikeluarkan oleh lembaga Standar Internasional International Organization for Standardization. Sementara itu, standar ISO 9001 digunakan untuk memastikan bahwa organisasi menawarkan produk-produk berkualitas sekaligus mendorong dan bertindak atas kepercayaan pelanggan, pengguna akhir, dan badan pengatur. Begitupun dalam  lingkungan bisnis.

Perlu Anda ketahui, Sertifikasi ISO 9001 dikeluarkan oleh badan sertifikasi resmi. Di Indonesia sendiri terdapat banyak badan yang dapat mengeluarkan sertifikat tersebut. Persyaratan yang dipenuhi pun cukup banyak, mulai dari informasi tertulis (documented information) seperti dokumen yang berisi identifikasi internal atau eksternal issue, identifikasi kebutuhan dan ekspektasi Stakeholder, Risk Assessment Report, kebijakan objektif, bukti internal audit dan management review, serta beberapa prosedur atau informasi tertulis terkait dengan core process perusahaan. 

Pentingnya Perusahaan yang Memiliki Sertifikasi ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001 adalah sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu, yang diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standardization (ISO), dengan standar sertifikasi yang terakhir diperbarui pada tahun 2015. Menurut standar ini, sebuah organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerja. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu menanamkan kepercayaan, terutama dalam situasi yang melibatkan hubungan bisnis baru atau joint venture. Sesuai dengan persyaratan, maka proses yang diidentifikasi sertifikasi ISO 9001 adalah:Input-output, urutan proses dan interaksinya

  • Process performance (KPI) dan pengendaliannya
  • Sumber daya, tanggung jawab dan wewenang
  • Risk and Opportunity 
  • Metode untuk monitoring, review dan evaluasi

Selain itu, pada sertifikasi ISO 9001 terdapat 7 prinsip manajemen mutu, di antaranya:

Customer focus, fokus pada prinsip sertifikasi ISO 9001 ini adalah prioritas utama dari sistem manajemen mutu, yang pengaplikasiannya dengan memenuhi semua kebutuhan dan melebihi harapan customer, sehingga tercapainya kepuasan pelanggan yang akan membantu menjamin keberlangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang.

Leadership, setiap pemimpin harus dapat mengetahui target sasaran perusahaan berdasarkan data dan standar sistem manajemen perusahaan yang telah ditetapkan.

Engagement of people, menciptakan dan memberikan nilai lebih kepada customer lebih mudah dilakukan jika didukung dengan personal yang kompeten, mampu mendayagunakan, dan terlibat di semua tingkatan perusahaan. SDM yang kompeten juga lebih mudah mempromosikan pendekatan proses dan kontribusi perusahaan.

Process approach, sistem manajemen mutu yang telah ditetapkan di perusahaan bukan dibuat berdasarkan pendekatan departemen, tetapi berdasarkan proses murni yang ada di perusahaan dengan melibatkan seluruh pihak yang terkait.

Improvement, perusahaan yang sukses dan mampu bertahan dalam persaingan adalah perusahaan yang fokus dalam improvement (peningkatan). Bentuk aplikasinya adalah dengan selalu melakukan perubahan melalui peningkatan berkelanjutan baik internal dan eksternal yang disesuaikan dengan iklim perubahan terkini, sehingga perusahaan akan selalu siap menghadapi persaingan dengan kompetitor.

Evidence based decision making, membuat keputusan berdasarkan data dan fakta. Salah satu bentuk aplikasinya dengan menetapkan kesimpulan dari sebuah permasalahan berdasarkan analisis fakta dan data yang diperoleh selama melakukan analisa, sehingga keputusan yang diambil akan menghasilkan keputusan yang produktif dan tepat sasaran.

Relationship management, untuk mempertahankan kesuksesan perusahaan harus mengelola hubungannya dengan pihak-pihak yang berkepentingan (interested parties), contohnya para pemasok, mitra kerja, karyawan, pemerintah, masyarakat, dan pihak lainnya.

Manfaat sertifikat ISO 9001

Organisasi yang telah mendapat sertifikasi ISO 9001 dapat dengan mudah dibedakan dari organisasi lain dengan produk yang berkualitas, layanan, dan proses bisnisnya yang melebihi ekspektasi customer. Selain itu, sertifikasi ISO 9001 juga memiliki manfaat lainnya bagi perusahaan yaitu:

Sertifikasi ISO 9001 adalah Standar yang diakui secara internasional dan  standar sertifikasinya yang paling sering digunakan. 

Sertifikasi ISO 9001 dapat membantu organisasi apapun untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, memotivasi karyawan, dan mempromosikan budaya perbaikan yang berkelanjutan. 

Sertifikasi ISO 9001 berdasarkan delapan prinsip manajemen mutu yang terkait dan pendekatan proses.

Bagaimana dengan Bisnis / perusahaan anda ?

Bila membutuhkan konsultasi - sertifikasi

CALL / WA 0822 348 60 166



Tidak ada komentar:

Posting Komentar